Minggu, 11 Desember 2016

Seberapa Penting Mengkonsumsi Suplemen Klorofil ?

Mungkin kita masih ingat tentang istilah klorofil yang menjadi bagian dari pelajaran biologi saat kita masih sekolah. Ya memang benar, klorofil menjadi sebuah proses yang erat kaitannya dengan fotosintesis tumbuhan. Sekarang klorofil menjadi sebuah buah bibir yang banyak dibicarakan orang. Banyak orang yang menganggap kalau klorofil sebagai zat yang sangat baik bagi kesehatan.
Ada banyak sekali manfaat klorofil bagi kesehatan diantaranya yang dikenal adalah sebagai detoksifikasi, menyembuhkan berbagai penyakit, mencegah terjadinya kanker, mengatasi bau mulut dan herpes.
sumber gambar : kompas.com

Kondisi ini diperjelas lagi dalam sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2014 yang menyatakan bahwa seorang wanita yang rutin mengkonsumsi suplemen klorofil sekali sehari, maka didapatkan mengalami penurunan berat badan sebanyak 1,3 kilogram. Hal ini berbeda dengan mereka yang tidak mengkonsumsi suplemen klorofil.
Bukan hanya mengalami penurunan berat badan saja, dalam studi tersebut juga didapatkan bahwa wanita rutin mengkonsumsi suplemen klorofil akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat atau HDL dan lebih enggan untuk mengkonsumsi makanan yang manis.
Meskipun demikian, sampai sekarang ini masih dilakukan sebuah pengkajian tentang dosis yang optimal yang dianjurkan oleh pakar kesehatan agar mendapatkan manfaat yang besar.

Suplemen dapat menyebabkan efek samping
Mengkonsumsi sebuah suplemen kesehatan terkadang bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan, termasuk suplemen klorofil. Oleh karena itu jika anda mengkonsumsi sebuah suplemen tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
Meskipun suplemen klorofil memang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, namun ada beberapa kondisi tertentu yang sangat sensitif dengan suplemen ini.
Pada sebagian kecil orang, mengkonsumsi sebuah suplemen termasuk klorofil bisa menyebabkan berbagai efek samping seperti perut mual, gangguan pencernaan dan muncul sebuah reaksi alergi.
Sumber klorofil terbaik adalah dari sayuran hijau
Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan asupan klorofil, maka kita bisa mendapatkannya secara alami yang berasal dari sayuran yang mempunyai daun berwarna hijau. Ada banyak sekali contohnya mulai dari bayam, brokoli, sawi, kangkung, asparagus, kiwi, apel hijau dll.
Apa maksudnya ? Maksudnya adalah jika anda ingin mengkonsumsi klorofil, maka lebih baik secara alami yang didapat dari mengkonsumsi makanan tersebut.
Yang perlu diperhatikan saat memasak makanan yang kaya kandungan klorofil adalah jangan menggunakan panas yang tinggi dan lama, hal ini bisa menyebabkan kandungan klorofil menjadi menurun.

Bukan hanya itu saja, kebiasaan ibu-ibu yang suka menimbun sayuran berklorofil dalam sebuah freezer dalam jangka waktu yang lama juga menyebabkan kandungan klorofil yang turun. 

0 komentar:

Posting Komentar