Jumat, 09 Desember 2016

Kapan Boleh Hamil Lagi Setelah Mengalami Keguguran ?

Mengalami keguguran bagi pasangan yang baru menikah menjadi hal yang sangat menyedihkan. Terlebih bagi mereka yang ingin cepat-cepat dapat momongan. Bagaimana jika ternyata kita mengalami keguguran ? Kapan boleh hamil lagi ?
Menyikapi hal yang demikian, maka para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak menunda kehamilan setelah mengalami suatu keguguran. Hal ini dimaksudkan agar cepat kembali sukses hamil. Bahkan mereka berpendapat bahwa selama enam bulan pasca keguguran seorang wanita memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk hamil lagi.

Meskipun demikian, menurut sebuah rekomendasi yang berasal dari WHO mengatakan bahwa bagi seorang wanita yang mengalami keguguran sebaiknya menunda kehamilan setidaknya selama enam bulan. Hal ini bertentangan dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari Universitas Aberdeen.
Bagi para peneliti beranggapan bahwa dengan mencoba hamil kembali selama enam bulan pasca keguguran, maka bisa menurunkan resiko keguguran kembali sebesar 18 persen. Bahkan hal ini bisa juga bisa mengurangi resiko ibu mengalami preeklamsia dan melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah.
Ini artinya menurut salah seorang peneliti yang bernama Dr Sohinee Bhattacharya mengatakan bahwa mencoba hamil kembali dalam waktu enam bulan pasca mengalami keguguran menjadi pilihan yang paling baik untuk meningkatkan resiko hamil kembali.
Secara psikologis, seorang wanita yang pasca mengalami keguguran akan lebih termotivasi untuk kembali bisa hamil dan mengurangi resiko keguguran. Biasanya seorang wanita akan melakukan sebuah perawatan diri yang membuat mereka lebih subur.
Studi yang menyarankan untuk kembali hamil dalam kurun waktu enam bulan pasca keguguran telah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Human Reproduction Update dengan melibatkan sebanyak satu juta wanita.
Hasil studi ini diakui oleh para ahli sebagai penemuan terbaru yang mungkin bertentangan dengan praktik yang sudah lama dilakukan oleh dokter. Bahkan sebagian besar orang juga beranggapan yang sama jika pasca keguguran setidaknya menunggu selama enam bulan untuk mencoba hamil kembali.

Hasil penelitian ini juga memberikan kabar gembira bagi seorang wanita yang ingin segera hamil kembali pasca keguguran. Ini menjadi sebuah informasi yang sangat menguntungkan karena meningkatkan prosentase untuk hamil kembali. Meskipun demikian sangat disarankan untuk tetap melakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengawasan. 

0 komentar:

Posting Komentar