Senin, 05 September 2016

Benarkah Kehamilan Saat Musim Dingin Berpengaruh Pada Kemampuan Belajar Anak

Kehamilan Saat Musim Dingin Berpengaruh Pada Kemampuan Belajar Anak
Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology yang menyebutkan bahwa musim ternyata bisa mempengaruhi kesehatan seorang wanita yang sedang hamil.
Pengaruh iklim atau musim saat seorang wanita hamil ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandung. Dalam studi tersebut didapatkan data bahwa seorang wanita yang hamil pada musim dingin ternyata beresiko melahirkan anak dengan kemampuan belajar yang rendah.
Mengapa hal ini bisa terjadi ? Ternyata ada hubungannya mengapa pada musim dingin seorang wanita hamil beresiko melahirkan anak dengan kemampuan belajar yang kurang. Hal ini kemungkinan besar disebabkan karena kurangnya paparan sinar matahari yang banyak mengandung vitamin D. Dengan bantuan sinar matahari terutama pada pagi hari maka bisa membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D yang sangat diperlukan.
Ternyata vitamin D bagi seorang wanita hamil sangat penting sekali. Hal ini berhubungan sekali dengan perkembangan otak janin sehingga jika ibu hamil kekurangan vitamin D maka bisa membuat janin mengalami disleksia dan masalah pada intelektual bahkan bisa juga menyebabkan anak menjadi autisme.
Studi kali ini dilakukan oleh pemerintah Skotlandia yang bekerjasama dengan Glasgow University dan Cambridge University. Studi kali ini telah melibatkan 800.000 anak yang masih dalam usia sekolah.
Dalam analisa studi tersebut didapatkan data bahwa anak yang dikandung oleh ibunya pada bulan Januari sampai Maret maka kemungkinan untuk melahirkan anak dengan kesulitan belajar sebanyak 8,9 persen. Sedangkan anak yang dikandung selama Juli sampai September hanya memiliki resiko kesulitan dalam belajar sebanyak 7,6 persen.
Yang kurang dalam studi  kali ini tidak melakukan pengukuran terhadap tingkat vitamin D pada wanita hamil yang didapatkan dari paparan sinar matahari. Namun para ahli percaya kalau vitamin D mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan janin.

Memang pada saat musim hujan atau dingin maka paparan sinar matahari menjadi berkurang. Untuk mengantisipasi hal ini maka seorang dokter bisa memberikan sebuah suplemen vitamin D untuk menggantikan paparan sinar matahari yang kurang. 

0 komentar:

Posting Komentar