Jumat, 09 Desember 2016

Dengan Sering Bernyanyi, Penyakit Paru Kronik Bisa diredakan

Tahukah anda bahwa dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi bisa membantu meredakan penyakit paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), emfisema maupun bronkhitis. Hal ini juga dibenarkan oleh banyak dokter dan para fisioterapi yang menyarankan penderita gangguan paru untuk sering melakukan bernyanyi.
Kita tahu bahwa penyakit paru-paru sangat erat kaitannya dengan gangguan napas. Misalnya mereka yang mengalami PPOK, maka akan mengalami gejala sering batuk yang berlangsung lama dan tak kunjung sembuh. Hal ini disebabkan karena adanya adanya hambatan terhadap udara yang masuk ke paru.

Kuncinya adalah bagaimana caranya agar aliran udara dalam paru menjadi lebih lancar, salah satu cara efektifnya adalah dengan bernyanyi. Melakukan kegiatan terapi bernyanyi bagi penderita gangguan pernapasan seperti PPOK bukan dilakukan dengan sembarangan. Anda harus bernyanyi dengan menggunakan teknik pernapasan.
Jadi dalam melakukan terapi bernyanyi, maka sebaiknya dilakukan dengan menggunakan teknik pernapasan ya agar memberikan hasil maksimal. Jangan asal bernyanyi dengan mengeluarkan suara yang keras saja yang justru membuat pernapasan menjadi lelah.
Sebelumnya banyak pakar kesehatan yang mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan bernyanyi bukan hanya membuat hati kita senang, namun bisa juga dimanfaatkan untuk melatih dan mengontrol pernapasan. Kebiasaan ini bisa membuat otot pada sistem pernapasan menjadi lebih kuat yang berdampak positif bagi kesehatan paru-paru.
Hal ini juga bukan isapan jempol saja, berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para pakar yang berasal dari Imperial College London menyatakan bahwa penderita gangguan paru yang diberikan terapi bernyanyi, maka mengalami perkembangan yang lebih baik pada paru-parunya. Dalam studi tersebut telah melibatkan 400 orang yang menderita gangguan paru kronik atau PPOK.

Bagi anda yang sehat, maka melakukan bernyanyi memberikan banyak manfaat. Manfaat yang pasti adalah bisa terhindar dari stres. Terlebih bagi mereka yang mengalami gangguan pernapasan, bernyanyi merupakan sebuah terapi yang sangat baik. 

0 komentar:

Posting Komentar